Fakultas Peternakan


Peran Peternakan  


Produk Peternakan seperti daging, telur dan susu merupakan pangan bergizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia. Hasil ikutan dan limbahnya juga bernilai ekonomis tinggi yang mendukung industri nonmigas (industri sepatu, tas, tekstil dan aksesories, pupuk organik, pupuk cair, serta biogas). Industri peternakan nasional dan internasional berkembang sangat pesat sehingga saat ini telah menjadi trend di dunia.


 

 

Keunggulan Kami


 

Fakultas Peternakan IPB sangat berpengaruh dalam berkiprah di dunia pendidikan peternakan baik nasional maupun internasional. Fasilitas belajar yang excellent, gedung perkuliahan, laboratorium dan kantor dengan luas 3.2 Ha; laboratorium lapang di kampus darmaga seluas 10 Ha dan Jonggol seluas 169 Ha. Fasilitas yang mendukung kegiatan akademik seperti hotspot area, taman untuk kuliah dan diskusi outdoor, cafetaria serta sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa untuk pengembangan softskill mahasiswa terutama jiwa entrepreneurship.

Fakultas Peternakan IPB memiliki teknologi dari hulu sampai hilir di bidang peternakan (perencanaan usaha peternakan, pakan, produksi ternak, penanganan, pengolahan dan pemasaran produk peternakan)  serta sumberdaya pembelajaran yang handal dan layak di bidang peternakan. Dengan adanya teknologi dan sumberdaya ini, maka Fakultas Peternakan IPB dapat menghasilkan SDM berdaya saing tinggi dalam penguasaan IPTEK dan Kewirausahaan Peternakan.

Dosen Fakultas Peternakan IPB adalah lulusan dari dalam dan luar negeri, yang sangat kompeten dan profesional, demikian juga staf teknisi dan administrasinya. Fakultas Peternakan IPB memiliki  jaringan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintahan maupun perusahaan swasta, baik dalam maupun luar negeri.

 

Keilmuan


  1. Teknologi dan manajemen produksi meliputi ternak budidaya, tingkah laku ternak, fisiologi, reproduksi, lingkungan bangunan dan fasilitas peternakan
  2. Pemuliaan dan genetika serta bioteknologi peternakan
  3. Teknologi pakan dan manajemen pastura (Ranch), Ilmu nutrisi, teknologi industri pakan
  4. Teknologi penanganan dan pengolahan daging, susu dan telur serta hasil ikutan (kulit, wool, dsb)
  5. Manajemen dan Bisnis Peternakan

 

Kebaruan Ilmu


  1. Nutrigenomik
  2. Rekayasa Pertumbuhan, Konservasi, Sumberdaya, Ilmu ekonomi, Sosial dan ekologi lingkungan
  3. Kesejahteraan ternak
  4. Logistik peternakan
  5. Metaanalysis
  6. Kebijakan bisnis peternakan
  7. Mitigasi gas metan
  8. Biosecurity

 

Program Studi Berkualitas Tinggi


 Terdapat tiga program studi di Fakultas Peternakan, yaitu Program Studi Teknologi Produksi Ternak (TPT) dan Program Studi Teknologi Hasil Ternak (THT) yang diasuh oleh Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) dan Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP) yang diasuh oleh Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP). 

Program Studi baik S1 maupun S2  dan S3 SUDAH TERAKREDITASI A OLEH BAN-PT. Program Studi baik IPTP dan INTP sudah mendapatkan SERTIFIKASI INTERNASIONAL AUN-QA (ASEAN UNIVERSITY NETWORK). Hal itu menjadi jaminan bahwa Academic Excellence selalu terjaga di Fakultas Peternakan.

 

Kesempatan Internasional Academy Experiences


 Mahasiswa Fakultas Peternakan Baik S1, S2 maupun S3 memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman menimba ilmu di luar negeri.

 Sarjana :

  • Student Exchange
  • Summer/Winter Course
  • Credit Earning/Supporting Course
  • Magang di Luar Negeri

Pascasarjana :

  • Double Degree
  • Sandwich Programme

 

 

Fakultas peternakan IPB Bekerjasama dengan Adelaide University (Australia), Gottingen University (Jerman), Bonn University (Jerman), Obihiro University (Jepang), Maejo University (Thailand), University Putra Malaysia (Malaysia), National Pingtung University (Taiwan).

 

Beasiswa


Sumber beasiswa yang dapat diajukan antara lain : PPA, Supersemar, Beasiswa BBM, POM IPB, Yayasan Persada, Rhys-Keanu, PR. Daniprisma, PT. Indocement, Gudang Garam, Toyota Astra, Dana SPP IPB, Dharma Pertiwi, Yayasan Salim, Cresent, ICAC, BPPM, Singapore Airline, Korindo, Martha Tilaar, BIC, EPSON, Zakat, BMU, BRI, Metrodata, Sari Ayu, TNI-AL, YKPP, Taspen, PKPS-BBM, Pertamina, BI, TPSDP, Yampi, BUD, Charoend Pokphand dan PT. DJARUM. (Info Beasiswa)

 


Future Career


Lulusan Fakultas Peternakan telah terbukti menjadi alumni yang sangat kompetitif di dunia kerja sebagai manajer, eksekutif, birokrat, penentu kebijakan, konsultan bisnis, trader (ekspor/impor ternak),  dan profesional lainnya, di bidang peternakan baik pemerintah maupun swasta (perusahaan multinasional bidang pembibitan, pembesaran atau penggemukan, industri pakan ternak, pengolahan hasil ternak baik daging, susu, telur, dan kulit maupun bidang lain yang terkait, seperti perbankan, retail dan LSM). Kelebihan Sarjana Peternakan juga mampu membuka usaha sendiri (wirausaha) dengan modal mikro kecil, menengah dan besar.   

Lulusan FAPET IPB dapat berkerja di bidang :

  • Departemen Pemerintah (Deptan, KUKM, dsb)                             
  • Wirausaha sekitar agribisnis lainnya
  • Administrasi/Kesekretariatan
  • Dinas Peternakan/Pemda
  • Perusahaan Pakan Ternak
  • Perusahaan Obat Ternak
  • Wirausaha Peternakan
  • Melanjutkan Studi S2
  • Industri Peternakan
  • Dosen/Peneliti
  • Perbankan
  • Mass Media
  • Konsultan
  • Farmasi
  • dan lain-lain

 

 

Kerjasama


FAPET IPB telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah dan swasta baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan kualitas, sarana, dan prasarana pendidikan, untuk menghasilkan sarjana peternakan berkualitas.

Lembaga yang terlibat dalam kerjasama di tingkat nasional tersebut antara lain : Kementerian Negara Koperasi dan UKM (perbibitan dan Pengembangan sapi perah) ; Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan Departemen Pertanian (pengembangan sapi perah, pengolahan susu, produksi domba, biogas dan ternak babi) ; Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat (pola breeding itik, standardisasi petugas IB, peredaran mutu semen, database kelembagaan peternakan, model perbaikan areal lingkungan peternakan) ; Bappeda dan Pemda Kabupaten Kuningan (pengembangan dan pendampingan domba) ; Dinas Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Muko Muko Propinsi Kalimantan Timur (penerapan teknologi limbah peternakan) ; Pemda Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (masterplan sentra produksi ternak ruminansia besar) ; Ditjen PLA & Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor (pengembangan dan rehabilitasi infrastruktur peternakan di Jonggol) ; Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat, PT. BJOR dan Dinas Peternakan & Perikanan Kabupaten Bogor (pemberdayaan masyarakat melalui penggemukan sapi potong).

Kerjasama di tingkat internasional diantaranya : Sub Regional of the Center on Integrated Rural Development for Asia and the Pasific (CIRDAP) in Southeast ASIA (SOCSEA) (pemberdayaan peternak domba/kambing) ; Swedish Agriculture University (SLU) Swedia; Martin Luther University German; International Livestock Research Institute (ILRI).

 


 

Alamat Kontak :

Fakultas Peternakan IPB

Address:
Jl. Agatis Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680
Jawa Barat, Indonesia
Phone: 0251-8622841, 8622812
Fax: 0251-8622842
E-mail : fapet@ipb.ac.id, fapetipb14@gmail.com 

 

 


Informasi Pendaftaran



Lihat Semua Berita >>