Program Internasional

Kelas Internasional


 

Dalam mengantisipasi Era persaingan global, lulusan berdaya saing tinggi sangat dibutuhkan agar tidak kalah dengan lulusan dari luar negeri. Fakultas Peternakan menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan program kelas internasional, diantaranya  pada Program Studi :

 

A. Program Studi Teknologi Produksi Ternak

Penyelenggaraan kelas internasional pada level sarjana PS TPT telah dibuka pada semester ganjil 2016/2017 untuk 5 mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa S1 reguler dan mahasiswa internasional. Secara rutin, setiap tahunnya PS TPT menerima mahasiswa asing (diantaranya dari Australia dan Malaysia) yang mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris.

Paket Mata Kuliah yang Ditawarkan

Program kelas internasional yang ditawarkan DIPTP terdiri atas 3 paket pilihan, yaitu:

1. Full Credit Earning One Semester Package

Program yang ditawarkan merupakan bagian paket kurikulum satu semester kelas reguler yang disampaikan dengan standar internasional. Matakuliah yang diambil mahasiswa dapat dipilih dari 13 pilihan yang ditawarkan dengan maksimum SKS yang dapat diambil sejumlah 18-21 SKS atau setara dengan 6 hingga 7 matakuliah.

2. Special Topic Short Course Package: Integrated Tropical Animal Production and Technology

Program yang ditawarkan merupakan paket perkuliahan dalam waktu singkat dengan fokus pada topik yang spesifik dan menarik, yaitu: Integrated Tropical Animal Production and Technology. Paket program ini terbuka untuk siapa saja yang berminat penyetaraan kredit matakuliah, untuk praktisi dan orang yang berminat meningkatkan pengetahuan dan keahliannya dalam bidang produksi ternak, khususnya teknologi produksi ternak tropis. Matakuliah yang harus diambil pada program ini terdiri atas 4 mata kuliah atau setara dengan 12 SKS yang harus diselesaikan dalam 2 bulan. Mata kuliah yang ditawarkan meliputi: 1) Integrated Tropical Livestock Production;  2) Indigenous Animal Genetic Resources;  3) Native Poultry Farming;  4) Local Animal Product Processing.

3. General Course between Semester Package (Summer)

Program yang ditawarkan merupakan paket perkuliahan dalam waktu singkat pada saat alih semester ganjil ke semester genap. Paket program ini terbuka untuk mahasiswa asing dan mahasiswa reguler DIPTP. Mata kuliah yang harus diambil pada program ini maksimum 4 mata kuliah atau setara dengan 12 SKS yang harus diselesaikan dalam waktu 2 bulan.

 

 


 

 

B. Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan

PS Nutrisi dan Teknologi Pakan telah mendapat akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Selain itu, pada tahun 2014 PS Nutrisi dan Teknologi Pakan juga telah mendapatkan sertifikasi dari Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA).  Hal ini menunjukkan bahwa program studi yang dikelola di Departemen INTP telah memenuhi standar akademik secara nasional dan internasional di tingkat ASEAN.

Sebagai tindak lanjut dari akreditasi internasional AUN, maka PS Nutrisi dan Teknologi Pakan mengembangkan program kelas internasional.  Program kelas internasional yang dikembangkan oleh PS NTP adalah berupa “Credit Earning” mata kuliah atau Paket Minor serta Summer course.

Mata kuliah yang ditawarkan untuk Credit Earning adalah :

  1. Ilmu dan Manajemen Pastura (Pasture Management and Science)
  2. Pengetahuan Bahan Pakan (Feedstuff)
  3. Nutrisi Ternak Unggas (Poultry Nutrition)
  4. Nutrisi Ternak Perah (Dairy Nutrition)
  5. Nutrisi Ternak Daging dan Kerja (Meat and Draught Animal Nutrition)
  6. Teknologi Pengolahan Pakan (Feed Processing Technology)

 

Core Competency : International Program Bachelor Degree Nutrition and Feed Technology 

 

Credit Earning
No Course Credit
1 Pasture Management and Science 3 (2-3)
2 Feedstuff 3 (2-3)
3 Poultry Nutrition 3 (2-3)
4 Dairy Nutrition 3 (2-3)
5 Meat and Draught Animal Nutrition 3 (2-3)
6 Feed Processing Technology 3 (2-3)
     
Minor Packet
Tropical Animal Nutrition
No Course Credit
1 Introduction to Nutrition 3 (2-3)
2 Pasture Management and Science 3 (2-3)
3 Feedstuff 3 (2-3)
4 Poultry Nutrition 3 (2-3)
5 Dairy Nutrition 3 (2-3)
6 Meat and Draught Animal Nutrition 3 (2-3)
7 Feed Formulation Technology 3 (2-3)
     
Tropical Grassland
No Course Credit
1 Pasture Management and Science 3 (2-3)
2 Forage Supply 3 (2-3)
3 Pasture Ecology 3 (2-3)

 

 



Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH