Laboratorium Pemuliaan dan Genetika Ternak


Bagian Pemuliaan dan Genetika Ternak mencakup pengembangan bidang pemuliaan untuk semua jenis ternak, bidang genetika ternak, Bioteknologi serta Reproduksi Ternak. Perkembangan ini diperlukan dalam kaitannya dengan peningkatan mutu ternak.

Staf pengajar dari Bagian Pemuliaan dan Genetika Ternak diarahkan untuk menekuni bidang keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan program S1, S2 dan S3. Selain itu juga, diupayakan melakukan pengadaan fasilitas untuk menunjang penelitian dan melakukan kerjasama antar Bagian-bagian di dalam Fakultas maupun instansi lain misalnya dengan Pusat Studi Satwa Primata IPB, Taman Safari Indonesia, Taman Margasatwa Ragunan, Balitnak dan LIPI.

Ketika pembangunan gedung kampus IPB Dramaga dilaksanakan, cukup banyak fasilitas yang dibeli untuk kegiatan penelitian dan praktikum genetika bagi mahasiswa. Ketersediaan fasilitas yang waktu itu cukup modern menambah kualitas data penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa. Fasilitas yang dimiliki hingga saat ini meliputi berbagai peralatan laboratorium untuk analisa protein dan enzim, analisa kromosom, analisa manipulasi embrio, satu unit scanning electrone microscope (SEM), dan analisa pola pewarisan dengan menggunakan lalat buah dan mencit. Selain itu, tersedia juga peralatan seperti yang dilengkapi beberapa software untuk analisis data kuantitatif (program SAS, PCE dan PEST dan program lainnya).

Untuk menguasai peralatan yang cukup canggih tersebut, pada tahun 1996, Beberapa Staf bagian ini dikirim ke Jepang untuk mempelajari dan untuk menguasai penggunaan berbagai alat tersebut. Dengan penguasaan berbagai fasilitas tersebut, data yang dihasilkan dalam penelitian genetika lebih banyak dan lebih akurat. Fasilitas lapangan yang berfungsi untuk mendukung penelitian genetika dan pemuliaan ternak juga tersedia yang meliputi kandang ternak/hewan (tikus, mencit, burung dara, dan ayam).

Fasilitas :

  1. Scanning Electron Microscope
  2. Alat Analisa Protein
  3. Alat-alat Tambahan Untuk Analisa Protein
  4. Alat Penunjang Laboratorium lainnya
  5. SEM (Scanning Electron Microscope)
  6. Microscope
  7. DNA Sequencing
  8. Gene Amp PCR System
  9. Centrifuge


Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH