Himpunan Alumni Fakultas Peternakan IPB

 

 

Setiap lulusan atau alumni Fapet IPB kini diwadahi dalam organisasi bernama Hanter (Himpunan Alumni Peternakan). Anggotanya tersebar di berbagai daerah di Indonesia, berbagai profesi mulai dari birokrat, dosen, profesional di perusahaan hingga pengusaha.

Hanter sendiri, seperti ditegaskan oleh pengurus periode yang sedang berjalan maupun pengurus periode sebelumnya, bukan organisasi profesi, atau organisasi usaha tetapi lebih bersifat paguyuban dan anggotanya semua sukarelawan. Fungsinya untuk menjalin silaturahim alumni. Melalui Hanter alumni menjadi lebih mengenal dan mengikuti kegiatan serta dinamika Fapet. Dampak posistif dari paguyuban alumni, yakni menumbuhkembangkan kepekaan alumni terhadap situasi sosial di fakultas.

Apapun profesi yang disandang, semua anggota Hanter apalagi pengurus memiliki memori kampus yang menggemblengnya bertahun-tahun hingga menjadi sarjana. Memori ini yang menarik mereka dan diwadahi oleh Hanter dengan menggelar kegiatan reuni “pulang kandang” yang diselengggarakan secara periodik. Event ini berhasil mengumpulkan kembali alumni dari berbagai daerah dan berbagai profesi di kampus sambil melihat perkembangan kampus yang telah lama mereka tinggalkan. Tidak ada pembatasan angkatan, semua anggota Hanter diundang.

Kehadiran mereka dari beragam angkatan sangat dibutuhkan. Pulang kandang juga menjadi forum pemilihan pengurus baru. Sesuai dengan periode kepengurusan, acara dilangsungkan setiap 4 (empat) tahun sekali dan mulai periode 2012 periode dipersingkat menjadi 3 (tiga) tahun.                                             

Mengiringi kegiatan berkala juga dilakukan bakti sosial (baksos) seperti  khitanan masal dan pasar murah. Baksos di luar kampus juga pernah dilakukan dengan menyumbang korban tsunami di Jawa Barat. Keterlibatan Hanter dalam menyampaikan informasi lapangan kerja kepada calon sarjana sangat bermanfaat bagi penyerapan lulusan dan perlu dilanjutkan. Sinergi antara himpunan alumni dengan Fakultas dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk layanan informasi database alumni yang dapat diakses oleh civitas akademika Fapet IPB.

Hingga saat ini hanter secara organisasi terlibat dalam penyampaian informasi lapangan kerja kepada calon sarjana. Selain itu Hanter juga sering berkontribusi dalam kegiatan social yang dilakukan bekerjasama dengan fakultas terhadap Fakultas menjadi bagian yang tidak terlewatkan. Hanter beberapa kali menyumbangkan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Saat pergantian pengurus dari Dr. Rarah Ratih ke Rifda Ammarina Alamarie, dana yang dimiliki Hanter sebesar Rp 23 juta seluruhnya diserahkan ke Fakultas untuk keperluan beasiswa.

Selama tiga tahun berturut-turut Hanter membuat seminar peternakan di arena Agrinex (agribisnis expo) di JICC Senayan, Jakarta sekaligus sebagai ajang reuni. Kegiatan ini juga digelar secara temporer di tempat berbeda.