Studi Banding BEM-D IPB Bersama BEM FAPET UGM – BEM FPP UNDIP

BEM Fakultas Peternakan IPB. Dalam rangka membina hubungan baik dan menjalin tali silaturahmi antar civitas akademika dalam perguruan tinggi, BEM Fakultas Peternakan sebagai lembaga yang menjadi wadah bagi mahasiswa Fakultas Peternakan, mengadakan sebuah acara studi banding antara mahasiswa IPB dengan UGM dan UNDIP. Tujuan diadakanya kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi antara civitas akademika pada tiga perguruan tinggi yang berbeda dan sharing mengenai keorganisasian dan kemahasiswaan yang ada di masing-masing perguruan tinggi. Selain itu banyak hal positif yang dapat dipelajari dari BEM atau pun Himpro dari perguruan tinggi tersebut.

Studi Banding tahun ini bertemakan “Perluas Wawasan dan Gali Informasi untuk Peternakan yang Lebih Baik". Tema ini dipilih karena dari perjalanan ini dapat meningkatkan pengetahuan baik mengenai peternakan, keorganisasian, dan kemahasiswaan dengan melalui pemaparan atau pun forum diskusi dari masing-masing perguruan tinggi. Tahun ini peserta Studi Banding berjumlah 48 orang yang terdiri dari 42 orang angota BEM D dan 5 orang anggota Himaproter serta 1 orang pembimbing yaitu Bpk. Baihaqi.
Image
 
Perjalanan bermula pada hari Jumat, 19 April 2013 mahasiswa baik anggota BEM D dan anggota Himpro berkumpul di ATM center pukul 16.00 WIB. Setelah peserta lengkap, pukul 17.30 berangkat menuju Yogyakarta. Tiba di UGM pukul 14.00 WIB, yang mana seharusnya tiba di UGM pukul 8.30 WIB. Keterlambatan terjadi karena ada kemacetan yang disebabkan banjir di daerah Jatinangor Bandung.

Kehadiran peserta studi banding BEM Fapet IPB disambutan baik oleh civitas akademika UGM. Rangkaian acara berjalan dengan baik, sambutan dan ucapan selamat datang disampaikan oleh perwakilan dosen Fapet UGM Bpk. Sigit Bintara yang menyampaikan bahwa walaupun tempat menuntut ilmunya berbeda tetapi tetap satu tujuan yaitu untuk memajukan peternakan Indonesia. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Bpk Baihaqi yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru khususnya mengenai keorganisasian dan kemahasiswaan dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian sambutan disampaikan oleh ketua BEM  Fapet UGM (Tri Kartika Sari) dan ketua BEM Fapet IPB (Hafidz Ilman A).

Selanjutnya adalah pemutaran video mengenai keorganisasian dan kemahasiswaan Fapet UGM dan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion mengenai keorganisasian dan kemahasiswaan dari masing-masing perguruan tinggi. Setelah FGD, dilanjutkan dengan foto bersama dan acara yang terakhir adalah kunjungan ke kandang Fapet UGM.

Perjalanan dilanjutkan menuju tempat oleh-oleh khas Yogya, peserta dapat membeli makanan khas Yogya seperti bapia patok, brem, dsb. Sesampainya di penginapan peserta memiliki waktu bebas dan waktu bebas dimanfaatkan dengan berjalan-jalan di Malioboro, peserta dapat makan di angkringan, membeli oleh-oleh seperti kaos Yogya, gantungan kunci, tas dsb.

Keesokan harinya perjalanan dilanjutkan dengan studi banding kedua, yaitu ke UNDIP, Semarang. Sesampainya di UNDIP, rangkaian acara yang tidak berbeda jauh dengan di Fapet UGM. Dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua BEM FPP (Fakultas Peternakan dan Pertanian) UNDIP yaitu, Sdr Batara dan sambutan ketua BEM Fapet IPB yaitu Sdr Hafidz Ilman A. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan dari BEM FPP UNDIP, HM S1 FPP UNDIP, dan HM D3 FPP UNDIP.  Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion mengenai keorganisasian dan kemahasiswaan dari masing-masing perguruan tinggi dan foto bersama. Akhir acara adalah kunjungan ke kandang FPP UNDIP.

Setelah studi banding ke UNDIP selesai, perjalanan dilanjutkan menuju pusat oleh-oleh khas Semarang. Peserta dapat membeli makanan khas Semarang, yaitu baso tahu, lumpia goreng, bandeng presto dsb. Tiba waktunya untuk kembali ke Bogor dengan menempuh waktu 13,5 jam. Dalam perjalanan pulang, di dalam bus peserta mengikuti kegiatan gathering yang diisi dengan tukar kado dan pengumuman reaward yang dimenangkan oleh departemen Soskemah. Reaward ini diberikan atas penilaian departemen RPM Internal berdasarkan kehadiran, kerjasama dan kegiatan dari masing-masing departemen dan biro yang ada di BEM D. Sampai pada hari Senin, 22 April 2013 pukul 02.30, peserta tiba di Bogor. Pengalaman yang seru dan tak terlupakan. (Riandhini – Departemen Internal BEM-D, Editor:fdr)


Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB