Kado ulang tahun ke -13 dan pemimpin baru HANTER IPB

 Image

HANTER IPB adalah organisasi Himpunan alumni Fakultas Peternakan IPB yang berdiri pada tanggal 4 September 1999 di Bogor. Sudah 13 tahun HANTER IPB berkiprah dan akan terus tumbuh, sehingga organisasi ini diharapkan mampu menghimpun aspirasi para anggotanya untuk turut serta dalam usaha memajukan taraf kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Kegiatan pokok dari HANTER IPB adalah aktif menggerakan anggota supaya melibatkan diri dalam usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat dan bangsa, menjadi penunjang dalam pengembangan ilmu dan teknologi peternakan serta mempererat tali persaudaraan di antara anggota dan dengan almamater IPB. Sebenarnya HANTER adalah nama baru dari perkumpulan alumni yang dahulu disebut IKA (Ikatan Keluarga Alumni) FAPET IPB.  Perkumpulan ini diketuai oleh Bapak Erwin Soetirto (angkatan D-2).

Minggu (23/9) di Aula Kantor Pusat Kampus IPB Baranang Siang, HANTER IPB dan Fakultas Peternakan IPB mengadakan tiga kegiatan besar, yaitu Musyawarah Nasional HANTER IPB, Halal bihalal dan perayaan ulang tahun ke-13 Himpunan Alumni Fakultas Peternakan IPB.  Alumni dari berbagai angkatan hadir dan ikut serta memeriahkan acara yang sangat penting ini. Disamping temu kangen dan beramah tamah dengan teman lama ataupun lintas angkatan, para alumni datang dengan membawa semangat baru, harapan baru dan strategi jitu untuk mengembangkan HANTER IPB sehingga bisa lebih dirasakan keberadaannya oleh para anggotanya.

Ibu Rifda Ammarina (angkatan 20) sebagai ketua periode 2008-2012 dalam sambutannya menyampaikan bahwa HANTER IPB adalah tempat berkumpul bagi para alumni Fakultas Peternakan IPB, memupuk kecintaan terhadap almamater dan yang terpenting adalah silaturahmi. Disamping itu, ungkap alumni yang mempunyai usaha sebagai evant organizer ini menuturkan, “HANTER IPB tidak memerlukan seorang figur yang sempurna, tetapi yang dibutuhkan adalah seseorang yang amanah, suka silaturahmi, mempunyai target yang jelas  dan tentunya sabar dalam mengelola organisasi. Orang yang berkomitmen kuat meningkatkan peran organisasi dan mau berkontribusi untuk anggota HANTER IPB. Siapa pun yang terpilih nantinya, saya harapkan kepada para anggota terus memberi dorongan, dukungan dengan bersama-sama bekerja memajukan organisasi.”

Tidak hanya untuk para alumni, Ibu Rifda juga mengharapkan kepada fakultas lebih proaktif kepada HANTER IPB sehingga dapat terjalin mitra kerja yang kuat antara Fakultas Peternakan sebagai almamater dan HANTER IPB sebagai organisasi alumninya. Terakhir Ibu Rifda menitipkan kepada pengurus baru yang akan dipilih supaya melanjutkan program-program yang sudah baik dan terus ditingkatkan serta menciptakan program-program lain yang bermanfaat dan lebih baik.

Mewakili almamater, Dr. Luki Abdullah sebagai Dekan Fapet IPB menyampaikan terima kasihnya kepada HANTER IPB yang sampai saat ini tetap eksis dan telah menjadi mitra kerja fakultas yang baik. “alamamater akan berjaya, jika ikatan alumninya cukup kuat. Selama ini HANTER IPB selalu bersusah payah terlibat dalam berbagai kegiatan baik yang dilaksanakan oleh fakultas, maupun oleh mahasiswa, memberikan bantuan dan bakti sosial kepada staf karyawan Fapet serta mendukung kegiatan-kegiatan lainnya.”, ungkap mahasiswa Fapet angkatan 23 ini. 

“Sekarang, dunia pendidikan lagi diombang ambing dari PTN ke BHMN, diganti menjadi BHP dan diganti lagi jadi UU PT dan entah apa lagi namanya ke depan. Perlu kepastian yang jelas supaya kami ini mampu melejit dengan pesat baik dalam keilmuan maupun teknologi,” tegas dekan kelahiran Sukabumi ini. Harapan Dr.  Luki terhadap HANTER IPB adalah semoga terus menjadi partner kuat, membina alumni yang jumlahnya kurang lebih 11.000 yang tersebar dimana-mana dan aktif diberbagai bidang terutama peternakan. Beliau berharap besar kepada HANTER IPB segera tercatat di DIKTI sebagai organisasi alumni Fapet IPB, dan eksistensinya dinilai dan diakui baik oleh DIKTI sehingga Fakultas dapat dicatat dengan nilai baik. Terakhir Bapak Luki menyampaikan, siapa pun yang terpilih haruslah didukung jangan hanya memberikan ekpektasi tanpa adanya usaha bersama. “Semoga dikepengurusan yang baru nanti, HANTER IPB bisa lebih baik dan lebih bermanfaat,” demikian Bapak Luki sampaikan dengan penuh harap.

Dalam kesempatan ini, para alumni menyampaikan beberapa harapan untuk HANTER IPB, diantaranya adanya basis data alumni, informasi pasar produk peternakan, membentuk networking yang kuat, alumni mulai diberdayakan, dan bisa memberikan masukan untuk pengembangan kurikulum peternakan kepada almamater. Adanya HANTER IPB mampu mengembangkan peran alumni dalam memajukan dan pengembangan industri peternakan baik nasional maupun internasional dan bisa menjadi wadah silaturahmi alumni Fapet IPB.  Akhirnya, harapan itu tertuju kepada ketua HANTER IPB yang baru, yaitu Bapak Muhammad Nadratuzzaman Hosein (Angkatan 17) yang telah menyisihkan Bapak Ganif Parmunaryono (Angkatan 19) terpaut beda 1 suara.

Sambutan pertamanya, Bang Nadra (panggilan akrab) menyampaikan, “HANTER IPB harus mulai mengembangkan Sosial Capital Networking, alumni Fapet harus lebih solid dan harus membentuk kode etik sebagai alumni Fapet, sehingga kita menjadi lebih bangga pada profesi dan sebagai alumni Fakultas Peternakan IPB. Saatnya orang muda yang menjadi motor penggerak HANTER IPB untuk peternakan Indonesia,” dengan lantang Bang Nadra ungkapkan.

SELAMAT ULANG TAHUN KE 13 HANTER IPB dan SELAMAT BERTUGAS Pak Nadra, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik, diberikan kesehatan dan mampu membawa organisasi HANTER IPB menjadi lebih baik.

Heru – Henny Nuraini



Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB