Audit Eksternal ISO 9001:2015 Fapet IPB Oleh Sucofindo

Dalam rangka Memastikan kesesuaian Sistem Manajemen Mutu Organisasi serta Memastikan Sistem Manajemen Mutu Organisasi sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015, Fakultas Peternakan IPB kembali mendapatkan  audit eksternal dari SUCOFINDO (Visitasi Renewal Audit ISO 9001: 2015) terhadap pelaksanaan pelayanan akademik di Fakultas Peternakan IPB (27-28 September 2018). Bertindak selaku auditor adalah Bapak Holys dan Bapak Arbi Azka Wildan, yang didampingi oleh tim dari Fakultas Peternakan IPB. Dimulai pada tahun 2017, Fakultas Peternakan mengembangkan cakupan penerapan ISO  dalam pelayanan akademik sampai ke tingkat departemen. Dua Departemen tersebut adalah Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan dan Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan.

Audit eksternal yang berlangsung selama dua hari tersebut, diawali dengan Rapat Pembukaan pada Hari Kamis, 27 September, pukul 10.00 WIB, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesesuaian pelaksanaan kegiatan pelayanan dengan POB yang telah dituliskan dalam dokumen ISO di Bidang Management Representative, dan kemudian dilakukan audit di bidang layanan akademik di tingkat Departemen. Pada hari Kedua, Jumat, 28 September, kegiatan audit dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen bidang akademik, dan ketatausahaan dan infrastruktur/maintenance.

Adapun dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan di bidang pelayanan akademik, mulai tanggal 1 September 2018, Fakultas Peternakan menerapkan sistem kartu kendali online yang bermanfaat untuk memudahkan pelacakan surat sampai dimana progress pengerjaannya, mempermudah melakukan pengawasan oleh pimpinan, mempermudah pembuatan rekapitulasi keadaan surat. Sistem yang dinamakan Sismacloud  (Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berbasis Cloud Applicaton) ini juga dapat diakses oleh pelanggan untuk mengetahui progress pembuatan surat yang diajukan oleh pelanggan.

Dari  hasil audit, masih ditemukan adanya kekurangan-kekurangan, pencapaian target yang kurang tercapai, dan beberapa kekurangan lain. Semua menjadi masukan dan koreksi yang sangat berharga bagi Fakultas Peternakan, untuk dapat diperbaiki di masa mendatang, demi terlaksananya pelayanan akademik yang berkualitas. Setelah seluruh rangkaian kegiatan audit ini selesai, maka pada sore harinya sekitar pukul 15.00 dilakukan penutupan oleh Dekan Fakultas Peternakan.

Semoga kita dapat terus bersinergi demi kemajuan Fakultas Peternakan IPB, masyarakat, dan bangsa Indonesia.



Lihat Semua Berita >>