Recent Issues in Feed Technology and Animal Nutrition For Healthy and Safe Animal Products

Era revolusi industri 4.0 dengan berbagai aspeknya membawa banyak perubahan paradigma dalam dunia peternakan yang memfokuskan pada kecepatan dan akurasi menuju efisiensi dan efektifitas. Penggunaan internet of thing (IoT) dengan integrasi data dan big data merupakan salah satu penciri era ini. Hal ini memberikan pengaruh besar terhadap industri pakan ternak. Selain itu, kebijakan larangan penggunaan antibiotics growth promoter (AGP) dalam pakan ternak membawa dampak signifikan pada industri pakan dan aplikasinya di peternakan. 

Perubahan yang terjadi di dunia industri pakan perlu direspon secara cepat dan tepat oleh dunia akademik agar senantiasa selaras dengan perkembangan dunia industri untuk menghindarkan kesenjangan yang besar. Dunia akademik berorientasi menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan profesional untuk menjawab tantangan labor market dan konsumen yang saat ini menuntut produk peternakan sebagai sumber pangan manusia yang sehat dan aman.

Dalam menanggapi fenomena tersebut, Fakultas peternakan IPB, menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema "Recent Issues in Feed Technology and Animal Nutrition For Healthy and Safe Animal Products" di Auditorium Janes Hummuntal Hutasoit (JHH) Fakultas Peternakan IPB (19/09/2018).  Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari: Dosen, Pranata Laboran Pendidikan, mahasiswa S1, S2 dan S3 Fakultas Peternakan IPB, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Republik Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian Kota Bogor, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Pelaku usaha bidang peternakan, Asosiasi bidang peternakan, dan Peserta umum.

Hadir sebagai narasumber, Kemin industries, perusahaan yang bergerak dalam penyediaan dan pengolahan bahan pakan dan nutrisi ternak, yang memiliki teknologi terkini dan kapasitas untuk merespon perubahan paradigma dan orientasi dalam bahan pakan dan nutrisi ternak dengan tujuan menghasilkan produk ternak yang sehat dan aman untuk konsumsi manusia. Kemin Industries merupakan narasumber yang kompeten untuk memberikan informasi dan edukasi yang penting diketahui dan diselaraskan oleh dunia akademisi, pelaku usaha dan pemangku kepentingan di sektor peternakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta mengenai metode dan teknologi pakan dan nutrisi ternak terkini yang berkembang di dunia industri, dan membina sinergi antara dunia industri dan dunia akademisi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina kerjasama antara akademisi, pelaku bisnis, pemerintah dan asosiasi yang bergerak dalam bidang peternakan.

Dengan adanya Public Lecture ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan serta dinamika teknologi pakan dan nutrisi terkini, dan terbentuknya inisiasi kerjasama akademik di bidang pendidikan dan penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Dengan adanya Kegiatan ini pula diharapkan dapat menciptakan kesepahaman antar seluruh stakeholders terkait pengembangan teknologi pakan dan nutrisi terkini. 

>> Download Materi Public Lecture <<



Lihat Semua Berita >>