Mahasiswa dari Negeri Jiran Summer Course di Fakultas Peternakan IPB

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar program Summer Course yang kedua kalinya pada tanggal 22-31 Juli 2018. Tema summer course kali ini adalah Exotic Tropical Animal Nutrition and Feed Technology. Program ini diikuti oleh 22 orang mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Malaysia Sabah (UMS), Universitas Udayana, Universitas Tanjung Pura dan SMKN Kuala Mandor.

Program summer course ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang plasma nutfah ternak atau hewan eksotik tropika seperti domba adu, kambing perah, kudarenggong atau tunggang lokal, ayam pelung, jalak bali dan rusa totol. Peserta juga mendapatkan materi tentang manajemen pemberian pakan serta strategi konservasinya. Selain itu juga diperkenalkan tentang model padang penggembalaan (pasture) tropika serta teknologi pengolahan pakan ternak.

“Program ini dilaksanakan selama sepuluh hari dengan program kuliah di Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, serta praktek lapang di beberapa peternakan. Materi kuliah yang diberikan terdiri dari Exotic Tropical Feeds, Tropical Pasture Management, Feeding Management and Reproduction of Garut Sheep, Feeding Management of Renggong Horse forDancing Performance, Feeding Management and Conservation of Jalak Bali and Rusa Totol, Feeding Management of Pelung and Laughing Chicken, Feeding Management of Dairy Goat dan Feed Formulation.  Peternakan yang dikunjungi adalah area konservasi Jalak Bali dan Rusa Totol di Citeureup, Domba Garut di Gadog, Kuda Renggong di Sumedang, serta Kambing Perah dan Rusa Timor di Ciwidey,” ujar penanggung jawab program, Prof. Dr. Ir. Dewi Apri Astuti, MS. 

Selain mendapatkan materi di kelas dan di lapang, peserta juga mendapatkan program kegiatan bersama di Kebun Raya Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun keakraban antara peserta. Para peserta diharapkan dapat aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Program Summer Course ini akan dilaksanakan kembali pada tahun 2019 (ipb.ac.id)



Lihat Semua Berita >>

Pemira Dekan Fakultas Peternakan IPB 2020-2025

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB