Perlunya Penerapan Animal Welfare pada Rantai Pasok Daging Sapi

Bertempat di ruang diskusi Program Studi Logistik Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) Institut Pertanian Bogor (IPB) tanggal 14 Mei 2018, Forum Logistik Peternakan Indonesia menggelar Pelatihan Penerapan Animal Welfare pada Rantai Pasok Sapi Potong. Acara ini dibuka Dekan Fapet Dr Ir Mohamad Yamin MAgrSc.

Kegiatan pelatihan ini diikuti secara antusias oleh para peserta pelatihan yang berasal dari berbagai instansi, antara lain dari tim PT Cianjur Artha Makmur, tim Asuransi Ternak Jasindo, RPH Kota Cilegon, Asosiasi Distributor Daging Indonesia, member sapibagus.com dan mahasiswa S2 Logistik Peternakan IPB.

Pelatihan dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama menerima materi, video dan diskusi yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Peternakan IPB. Narasumber dalam sesi ini antara lain drh.Helen Fadma dari Meat & Livestock Australia. Helen menyampaikan materi tentang pentingnya penerapan kaidah Animal Welfare baik di holding ground feedlot maupun di RPH. Helen menyampaikan akan pentingnya menerapkan konsep animal welfare, baik di holding ground feedlot maupun di RPH.

“Sangat penting diterapkan, mengingat bahwa sekecil apapun jenis kekerasan yang diterima ternak sesaat sebelum dipotong, jelas akan berdampak pada produk yang dihasilkan,” kata Helen.

Materi kedua disampaikan oleh drh. Supratikno, M.Si, PaVet dari Halal Science Center IPB. Supratikno menyampaikan materi tentang Good Slaughtering Practices di RPH. Senada dengan Helen, Supratikno menyatakan kita sering mendapatkan daging keras dan alot , karena ada kaitannya dengan rendahnya kadar glikogen pada saat sapi disembelih dalam kondisi stress kronis. Lebih lanjut dijelaskan, pada kasus stres akut, yang terjadi adalah glikogen banyak dipecah pada saat penyembelihan. Asam laktat yang ada terlalu awal menyebabkan daging lembek, pucat dan berair.

“Baik stres akut maupun kronis terjadi akibat tidak menerapkan konsep animal welfare sesaat sebelum pemotongan,” tandas Supratikno.

Sesi kedua pelatihan dilaksanakan kunjungan ke RPH PT Elders Indonesia yang beroperasi di dalam wilayah Kampus IPB Darmaga Bogor. Rangkaian kunjungan kegiatan observasi dipandu oleh tim RPH PT Elders Indonesia, Bapak Zaenal Arifin. Setelah observasi, dilakukan tanya jawab dan berdiskusi antara tim RPH PT Elders Indonesia dengan para peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan FLPI ini dapat berjalan lancar berkat kerjasama yang baik antara penyelenggara (FLPI, Fakultas Peternakan IPB) dengan pihak yang mendukung (PT Elders Indonesia, Halal Science Center IPB, Meat & Livestock Australia, Asuransi Jasindo dan PT Cianjur Artha Makmur), media partner (Humas IPB, Trobos Livestock, Majalah Infovet, Livestockreview.com dan Agropustaka) beserta member FLPI yang berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini.



Lihat Semua Berita >>

Pemira Dekan Fakultas Peternakan IPB 2020-2025

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB