Pelantikan Pengurus Himpunan Alumni Peternakan IPB Periode 2018-2022

Himpunan Alumni Fakultas Peternakan (Hanter) Institut Pertanian Bogor (IPB) memilih ketua umum dan sekretaris jenderal (Sekjen) baru periode 2018-2022. Pelantikan dilakukan pada 11 Februari 2018 di Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J) Fakultas Peternakan (Fapet) IPB. Ketua Umum Hanter IPB terpilih adalah Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM (Komisaris Utama Perkasa Group). Sementara, jabatan Sekjen ialah Iyep Komala, S.Pt, M.Si yang juga dosen Fapet. 

“Hanter lebih bersifat paguyuban dan anggotanya semua sukarelawan. Fungsinya untuk menjalin silaturahmi alumni Fapet IPB. Melalui Hanter, alumni menjadi lebih mengenal dan mengikuti kegiatan serta dinamika Fapet IPB. Dampak positif dari paguyuban alumni yakni menumbuhkembangkan kepekaan alumni terhadap situasi sosial di masyarakat,” ujar Iyep.

Iyep menyampaikan, Hanter juga berperan dalam menghimpun aspirasi para anggotanya untuk turut serta dalam usaha memajukan taraf kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia, terutama dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam ilmu dan teknologi peternakan.

Audy Jonaldy merupakan alumni angkatan 38 dan Iyep Komala alumni angkatan 36. Pengangkatan ini sekaligus menjadikan Audy Joinaldy menjadi Ketua Himpunan Alumni termuda dari seluruh fakultas di IPB.

Pelantikan pengurus Hanter dihadiri sekira 250 alumni yang terdiri dari angkatan 01-50. Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Dekan Fapet IPB, Dr. Mohammad Yamin; Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan IPB Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi; mantan Menteri Pertanian Periode 2009-2014, Ir. H. Suswono, MMA; dan Ketua Hanter IPB sebelumnya yang merupakan angkatan D17, Nadra Hosen.

Iyep menambahkan, program terdekat yang akan dilakukan Hanter adalah pembuatan website Hanter, pendataan alumni Fapet (data base alumni), mengaktifkan Facebook Hanter dan media sosial Hanter Lainnya. Selain itu, akan memberikan pelatihan dan kuliah umum untuk mahasiswa Fapet IPB. 

Program  lainnya adalah akan bekerja sama dengan Fakultas Peternakan IPB dalam mengembangkan UP3J atau Jonggol Animal Science Teaching dan Research Unit (JASTRU). “Juga akan ada pemberian sembako dan produk peternakan gratis untuk staf kependidikan Fapet IPB, terutama non PNS menjelang lebaran. Tidak hanya itu, juga akan ada pemberian beasiswa bagi mahasiswa Fapet,” terang Iyep.

Program terdekat Hanter adalah bekerja sama dengan berbagai instansi dalam upaya mendukung program kerja Hanter, salah satunya dengan Kementerian Koperasi untuk pembentukan Koperasi Hanter; membuat kartu anggota Hanter bekerja sama dengan Brizzi BRI yang bisa digunakan untuk pembayaran tol, trans jakarta, belanja di sejumlah merchant kerja sama. 

“Jumlah anggota Hanter masih dalam pendataan. Kemungkinan ada di angka 7.200 orang. Saya berharap Hanter menjadi himpunan alumni yang solid dan dapat memajukan peternakan Indonesia melalui program-program kerja Hanter,” pungkas Iyep(ipb.ac.id)



Lihat Semua Berita >>