IPB dan PT Holcim Gelar Panen Perdana Rumput Gajah (Odot) dan Indigofera

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan PT. Holcim Indonesia Tbk mengadakan panen perdana kebun pembibitan hijauan pakan ternak, yaitu panen rumput gajah mini (odot) dan indigofera (18/1) di lahan bekas tambang Desa Nambo Kecamatan Klapanunggal Bogor.

Sekretaris P2SDM LPPM IPB, Warcito, SP, MM mengatakan bahwa program bertajuk stasiun lapang agrokreatif pembibitan pakan hijauan ternak ini dirintis sejak tahun 2016. Program pendampingan yang dilakukan adalah mendampingi petani pengguna lahan PT. Holcim untuk menanam rumput gajah (odot) dan indigofera, sehingga para peternak sapi dan domba dapat dengan mudah mengambil untuk ternak peliharaannya. Selain itu, IPB juga mengembangkan skala usaha  pembangunan stasiun lapang agrokreatif untuk penggemukan ternak domba di wilayah kerja PT. Holcim Tbk.

Manajer PT. Holcim Indonesia TbkEdi Prayitno menyampaikan program pembibitan rumput gajah mini (odot) dan indigofera merupakan upaya PT. Holcim Tbk dalam membantu menyediakan pakan ternak bagi peternak di sekitar wilayah kerja PT. Holcim Tbk. “Harapannya peternak dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan makanan ternak atau  pakan untuk penggemukan ternaknya,” ujarnya.

Tenaga ahli yang merupakan dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan (Fapet) IPB, Ir. M. Agus Setiana, MS menjelaskan bahwa program ini selain bermanfaat untuk masyarakat juga bagi PT. Holcim. Lahan reklamasi tambang PT. Holcim dapat dijadikan sumber pakan ternak hijauan, seperti rumput gajah mini (odot) dan indigofera. Dikatakannya, Hijauan Pakan Ternak (HPT) merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi peternak sapi dan domba. Tanpa ketersediaan pakan yang baik, niscaya ternak sapi dan domba yang dipelihara tidak berproduksi secara optimal, karena makanan yang diberikan tidak dapat tersedia secara tetap. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang tepat untuk mengatur agar HPT yang diperlukan oleh ternak tidak terganggu pengadaannya.

Ia menambahkan, pakan adalah pendukung utama suatu usaha industri peternakan, seperti ternak besar/ruminansia (sapi, kambing, domba, dan lain-lain). Dalam industri peternakan sapi atau domba, ada salah satu jenis pakan yang wajib ada, karena jenis pakan ini sangat mendukung keberhasilan usaha peternakan. Jenis pakan ini adalah pakan alami maupun ternak ruminansia lainnya. Jenis pakan yang dimaksud adalah hijauan atau biasa disingkat dengan istilah Hijauan Makanan Ternak (HMT). “Belakangan ini jenis pakan ternak berupa hijauan yang sedang sangat populer adalah rumput gajah (odot) dan indigofera. Odot adalah jenis pakan hijauan dari bangsa rumput sedangkan indigofera adalah jenis legume unggul dengan kandungan protein yang sangat tinggi,” kata Agus Setiana. (Ipb.ac.id)



Lihat Semua Berita >>

Pemira Dekan Fakultas Peternakan IPB 2020-2025

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB