Adelaide University Lakukan Kunjungan ke Fapet IPB

Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan rangkaian kegiatan bersama dengan The University of Adelaide (23-25/11/2016). Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Ir. Moh. Yamin, M.Agr Sc. menyatakan, “Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan internasional kedua belah pihak dalam rangka mempersiapkan mahasiswa berdaya saing di dunia internasional pada era ekonomi dan perdagangan terbuka. Kegiatan visit seperti ini beberapa kali dilakukan oleh Fapet IPB dan The University of Adelaide pada bidang School of Animal and Veterinary Sciences."

Pada hari Kedua, rombongan dari The University of Adelaide diajak melakukan kunjungan ke Laboratorium Lapangan A. Pada kunjungan tersebut, rombongan diajak untuk melihat Sapi potong di Lab Ruminansia Besar, Milking parlour di lab Teknologi Hasil Ternak, Sapi Perah Nutrisi, Kambing Perah Produksi dan Domba di lab Nutrisi Ternak Daging dan Kerja. Kegiatan dilanjutkan di ruang sidang Fapet untuk mendengarkan presentasi Fapet Profile. Setelah mendengarkan presentasi Profil Fapet, dilanjutkan dengan diskusi kerjasama internasional dan diskusi kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa dari kedua universitas besar tersebut.

Setelah makan siang, mahasiswa pascasarjana Fapet IPB mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kuliah khusus internasional dari Prof. Wayne Pitchford, dengan tema Genomics of Beef Traits. Mahasiswa dari Adelaide university juga mendapatkan kuliah singkat dari dua orang dosen Fakultas Peternakan, yaitu dari Dr. Asnat M. Fuah, yang memberikan topic tentang Prospective Animals : Crickets (jangkrik) for food and feed dan Dr. Anuraga Jayanegara yang memberikan kuliah singkat tentang Metha Analysis : New Approach in Animal Nutrition Research.

Setelah mendengarkan kuliah singkat dari Dosen Fapet IPB, selanjutnya dilakukan kegiatan Seminar Undergraduate Students dilakukan di Auditorium J.H Hutasoit, Fapet IPB. 18 orang Mahasiswa dari School of Animal and Veterinary Sciences, The University of Adelaide, dan lima orang mahasiswa dari Fapet IPB melakukan presentasi topik tugas akhirnya, penelitian atau field experience. Kegiatan hari pertama ditutup dengan makan malam dan pertunjukan budaya dari para mahasiswa, baik dari IPB maupun The University of Adelaide.

Pada hari ketiga, rombongan diajak mengunjungi pasar tradisional (Pasar Bogor) dan mengunjungi Kebun Raya Bogor, dari mulai subuh sampai pukul 09:00. Siang harinya, rombongan diajak mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) PT. Elders Indonesia di Kampus IPB Dramaga. Acara diakhiri dengan free time, agar rombongan universitas Adelaide dapat bersiap siap untuk kembali ke Australia.

  

 

 



Lihat Semua Berita >>

Pemira Dekan Fakultas Peternakan IPB 2020-2025

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB