Festival Ayam Pelung Nasional IPB 2016

Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (HIMAPROTER) Fakultas Peternakan IPB bekerja sama dengan LPPM IPB dan HIPPAPI BOGOR RAYA menggelar Kontes Ayam Pelung Nasional 2016, pada hari Minggu, 18 SEPTEMBER 2016 di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang. Kontes ayam pelung nasional yang memperebutkan Piala Bergilir Kementrian Pertanian ini, membuka kategori SUARA (20 juara), Kategori PENAMPILAN (3 juara), dan Kategori BOBOT BADAN (3 juara).

Acara yang sudah menjadi tradisi tahunan sejak tahun 1990-an itu diikuti oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terlihat para ayam-ayam tersebut tampil gagah dengan postur tubuh ayam yang tegap serta kaki-kaki yang kuat. Bukan hanya itu, suara panjang melengking para peserta ayam pelung itu pun ikut meramaikan suasana kompetisi.

Ketua Pelaksana, Achmad Gitaraka mengatakan bahwa ayam pelung merupakan ayam asli Indonesia yang harus dilestarikan. "Ayam pelung ini kan ayam asli Indonesia, dengan adanya festival ini kita bisa terus memberikan informasi bahwa ayam pelung asli Indonesia ini masih ada dan banyak diminati," jelasnya, yang disitir dari  TribunnewsBogor.com.

Seperti halnya burung perkutut atau burung kicauan lainnya, ayam jago pelung juga dikonteskan yang menitik beratkan kepada alunan suaranya, dan sekarang ini hampir semua aspek sudah mendapat penilaian dalam suatu kontes : kontes suara khusus untuk jago ayam pelung, kontes penampilan, bobot badan dan juga untuk Pelung betina yang meliputi lomba lokal, nasional maupun internasional yang telah diagendakan secara terorganisir pada setiap tahunnya.

 

 


Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB