Edelweis, meraih medali perak Pada Pimnas Ke-29 2016

Tim Program Kreativitas Mahasiswa dan kewirausahaan (PKM-K) Departemen IPTP Institut Pertanian Bogor meraih medali perak pada Pimnas ke-29 tahun 2016.  Tim  yang  beranggotakan:  Rizky Maulana, Reza Adiyoga, Moch. Anugrah Dwi Saputra  dan Maulidatuz Zahroo mengajukan judul PKM-K  "Edelweis - Pemanfaatan limbah kelapa sebagai kerajinan inovatif dan fashionable berbasis eco-friendly solusi peningkatan daya saing produk lokal dalam persaingan global". PKM-K Edelweis ini dibimbing oleh Iyep Komala,S.Pt, M.Si, salah satu staf pengajar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (D-IPTP).

Edelweis merupakan suatu karya inovasi untuk menciptakan suatu produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai jual tinggi dengan memanfaatkan potensi tanaman kelapa, dengan membuat berbagai kerajinan tangan dari sabut kelapa. “Pemberian nama brand Edelweis diambil dari filosofi bunga edelweis yaitu keabadian dan keindahan. Selain memanfaatkan potensi sumberdaya lokal yang ada, kami juga ingin meningkatkan kasadaran masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri yang ramah lingkungan berkualitas. Harapannya dapat meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia dan kepedulian pelestarian lingkungan,” ujar Rizky.

Sabut dan tempurung kelapa dipilih sebagai bahan baku karena memiliki tekstur, karakteristik dan kesan unik, klasik serta bernilai seni. Tahapan produksi kerajinan tangan tersebut meliputi pengolahan sabut kelapa (pemilihan serat sabut berkulitas dan proses sterilisasi), pengolahan tempurung kelapa menjadi tambahan asesoris dan pembuatan produk jadi. Dalam proses produksinya melibatkan dan memberdayakan  masyarakat lokal sesuai keahlianya. Masyarakat  juga mendapatkan pengetahuan tentang produk sehingga, selain dapat meningkatkan perekonomiannya juga mengetahui kriteria produk berkualitas.

Selamat Kepada Tim PKM-K peraih medali perak.

 



Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB