Penerima Bakti Nusa Menjuarai Agritech Exibition 2014 di Universitas Hasanuddin

Makassar (11/3) - Acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian Universitas Hasanuddin (HIMATEPA UH) kali ini diikuti oleh 20 finalis mahasiswa yang terdiri atas dua kategori, yaitu Bidang Mekanisasi Pertanian dan Ilmu dan Teknologi Pangan. Kegiatan yang telah memasuki tahun keempat ini sukses diselenggarakan dengan sangat baik.

Kegiatan bertajuk Agritech Exhibition 2014 ini mengusung tema Kilau Prestasi Anak Negeri dalam Kreasi dan Inovasi. Kegiatan ini meliputi kompetisi karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional dan karya tulis ilmiah tingkat SMA/SMK tingkat nasional. Kompetisi karya tulis ilmiah dilaksanakan selama dua hari yaitu 8-9 Maret 2014 bertempat di Teaching Industry Universitas Hasanuddin.

Selain kompetisi karya tulis ilmiah, seluruh peserta lomba juga harus melaksanakan pameran pada acara puncak yaitu 11 Maret 2014. Acara puncak dilaksanakan di lapangan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini meliputi pameran stand seluruh finalis Agritech Exhibition, stand dari sponsor acara, dan dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional khas Makassar dan penampilan grup musik dari Universitas Hasanuddin.

Dalam acara tahun ini, saya mengkuti kompetisi Bidang Ilmu dan Teknologi Pangan dengan mengambil topik karya tulis “Pangan Alternatif sebagai Solusi Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh”. Topik tersebut saya ambil karena saat ini tingginya aktivitas manusia menuntut pemenuhan kebutuhan pangan yang serba instan sehingga meningkatkan konsumsi pangan yang tinggi kolesterol (junk food). Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Beragam karya dalam Ilmu dan Teknologi Pangan yang dipresentasikan oleh seluruh finalis. Pangan fungsional dalam peningkatan gizi masyarakat, pangan darurat sebagai solusi dalam kondisi bencana alam, serta pangan alternatif dalam menyelesaikan masalah kesehatan seperi diabetes, kanker, dan kolesterol. Presentasi finalis sangat memukau dewan juri, dan sarat akan ilmu pengetahuan, khususnya bidang pangan yang akhir-akhir ini sangat banyak dikembangkan.

Acara ditutup pukul 16.00 waktu setempat dengan pengumuman beberapa pemenang. Dalam kategori Ilmu dan Teknologi Pangan, stand terbaik diraih Universitas Brawijaya Malang sedangkan Juara 3 diraih Universitas Diponegoro Semarang, Juara 2 diraih Universitas Negeri Yogyakarta, dan Juara 1 diraih Institut Pertanian Bogor. Acara ditutup dengan pemberian plakat, sertifikat, dan piala oleh salah satu dewan juri dalam kategori Ilmu dan Teknologi Pangan.


Ihwan Nul Padli
Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan
Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor
 
Sumber : beastudiindonesia.net


Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB