LKMM 2013

LKMM merupakan sebuah kegiatan mahasiswa berupa pelatihan kepemimpinan dan manajemen kemahasiwaan yang terlaksana lewat kegiatan seminar dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam bidang tersebut. LKMM Fakultas Peternakan berupa rangkaian acara yang dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 10 dan 17 Mei 2013 untuk acara seminar dan outbond yang akan dilaksanakan tanggal 25 Mei 2013.

LKMM hari pertama dilaksanakan pada ahri Jumat bertempat di Auditorium JHH Fakultas Peternakan. Acara ini dimulai pukul 16.45. Dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana LKMM yaitu, Gilang Satra Wijaya. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil dekan Fakultas Peternakan, yaitu Dr. Ir. Moh. Yamin. Acara berjalan dengan baik dan dihadiri oleh 115 peserta dari total 260 pengururs LK Fakultas Peternakan.  Acara ini menghadirkan pembicara alumni IPB Fakultass MIPA angkatan 41, yakni Dean Apriana Ramadhan, S. Kom dengan dimoderatori Tian Syahputra, mahasiswa jurusan IPTP angkatan 47 Fakultas Peternakan. Materi yang dibawakan bertema Manajemen Organisasi. Materi dimulai setelah waktu sholat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan selingan materi dari pemateri kedua. Antusiasme peserta sangat baik, terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta. LKMM hari pertana ditutup pukul 20.30 WIB.

LKMM  hari kedua berlangsung pada pukul 16.45-20.00 WIB bertempat di RK. B FKH. Acara ini dibuka dengan sambutan ketua pelaksana, dilanjutkan menyanyikan lagu nasional dan mars fapet. Pemateri pada hari kedua adalah Dekan Fakultass Peternakan yaitu Bapak Luki Abdullah dengan moderator Bapak Iyep Komala Doen Fakultas Peternakan. Materi yang dibawa bertema psikologi organisasi. Tema ini sangant menarik bagi peseta. Antusiadaru peserta juga sangat baik. LKMM hari kedua ini berbeda dari hari pertama. LKMM ini merupakan acara pertama yang diadakan tanpa konsumsi makanan berat. Pelatihan budaya ini digagas oleh Dekan Fakultas Peternaan seminar tanpa konsumsi, namun tetap disediakan air kopi bagi peserta. Antusias dari peserta tetap baik meski tanpa makanan seperti acara yang biasa dilakukan.

Materi hari kedua disampaikan dalam dua sesi, sesi pertama yaitu sesi penyampaian materi, setelah itu jeda sholat dan dilanjutkan materi sesi kedua sampai pukul 18.30. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Acara beakhir dengan berakhirnya sesi tanya jawab materi, yakni pada pukul 20.00. Acara ini dihadiri sekitar 80 pengurus LK Fakultas Peternakan dari total 260 target peserta.
 Kesimpulan materi hari pertama adalah pentingnya mengadakan sebuah kegiatan yang sanagt dibutuhkan oleh warga Fakultas Peternakan khususnya dan warga IPB umumnya, selain itu kegiatan diusahakan selaras antar satu kegiatan dengan kegiatan lain, tidak berbenturan. Sementara kesimpulan materi hari kedua adalah psikologi organisasi penting untuk diterapkan dalam sebuah kepengurusan struktural dan fungsional seperti pada LK Fakultas Peternakan.

Oleh : Rian Dhini
Departemen Internal
BEM Fakultas Peternakan IPB


Lihat Semua Berita >>