1st Annual Meeting of SEAASS-Net and Internship Program

Sebanyak 18 orang mahasiswa peternakan dari berbagai universitas di Indonesia yang tergabung dalam delegasi SEAASS-Net Indonesia (South East Asia Animal Science Student Networking) mengikuti rangkaian kegiatan 1st Annual Meeting of SEAASS-Net and Internship Program at UiTM Perlis Malaysia selama dua minggu.  Delegasi ini membawa misi utama yaitu memperkenalkan (launching) SEAASS-Net ke masyarakat internasional. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh tuan rumah Universiti Teknologi MARA Perlis (UiTM Perlis) ini tersusun dari magang (internship), seminar, student meeting, malam kebudayaan (cultural night), excursion, dan pertandingan woodball yang dimulai dari 20 Januari sampai 3 Februari 2013.
 
Image 
Peserta kegiatan ini terdiri atas lima belas orang mahasiswa terpilih Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (Fapet IPB) dan enam orang di antaranya termasuk pendiri (formatur) SEAASS-Net, yaitu Acep Usman Abdullah, Achmad Zainuri, Amalia Ikhwanti, Dayang Siti Hanizah Binti Datu Abdul Kadir, Hafidz Ilman Albana, dan Winda Ayu Pangesti. Sembilan mahasiswa Fapet IPB lainnya yaitu Alhidayat, Anandya Dara Wahyu Poerinanti, Dicky Tri Utama, Ikhwan Ibnu Arbi, Nuke Anglia Pramesti, Rifqi Waluyo Djati, Saeroni, Shufia El Tsaura Ahmadi, dan Widia Agustin Leovansa. Mahasiswa dari luar IPB yang ikut program ini yaitu Efi Novita Yani dari Universitas Negeri Jambi (Unja), Frandy Febrianthoro dari Universitas Negeri Lampung (Unila), dan Hasbi Ibkar Assidiqi dari Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed).

Para peserta magang ini mengikuti kunjungan lapang (field visit) ke institusi-institusi pemerintah dan swasta yang bergerak di bidang peternakan dan pertanian yang ada di sekitar Perlis dan Kedah. Sebanyak enam institusi utama menjadi tujuan kunjungan selama periode magang, yaitu Industri Kelulut Merbok-Kedah, Pusat Pengumpulan Hasil-Hasil Perikanan Air Tawar Perlis, Projek Integrasi Ternakan Felda, Stesen Kuarantin Hewan Padang Besar-Perlis, Fisheries Research Institute (FRI) Pulau Sayak, dan Feedlot dan Integrasi Changlun. Sebelum berangkat ke lapang, para peserta diberi kuliah singkat (taklimat) tentang dasar-dasar ilmu sesuai bidang yang akan dikunjungi untuk mengoptimalkan proses kunjungan lapang setiap harinya. Selain kunjungan lapang, para peserta juga mengunjungi laboratorium-laboratorium yang ada di kampus UiTM Perlis.


Lihat Semua Berita >>