Pemecahan Rekor MURI pada Kegiatan Festival Ayam dan Telur 2012

Sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Peternakan dan 13 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB ikut serta dalam kegiatan nasional Festival Ayam dan Telur 2012 yang bertempat di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta, pada 21 Oktober 2012. Acara yang kedua kalinya diselenggarakan ini mengusung tema “Ayam dan Telur Meningkatkan Gizi dan Prestasi Anak Bangsa”. Pentingnya untuk mengkonsumsi ayam dan telur serta kebutuhan protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, menjadi latar belakang diadakan kembalinya Festival Ayam dan Telur (FAT) 2012 ini. Berbagai macam kegiatan terdapat dalam acara FAT ini, diantaranya senam jantung sehat, demo masak, lomba menggambar dan mewarnai, bazar produk ayam dan telur, hiburan, kuliner, dan Rekor MURI Masakan Berbahan Baku Ayam.
Image

Acara diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh Yayasan Jantung Sehat Indonesia dan masyarakat sekitar. Turut hadir beberapa wakil menteri, diantaranya Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan H. Musliar Kasim. Dalam beberapa sambutan, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendukung kegiatan FAT, karena protein yang terkandung dalam ayam dan telur sudah terbukti dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kecerdasan, khususnya bagi para pelajar untuk menggapai prestasi. Sedangkan Wakil Menteri Perdagangan mengatakan, “Industri peternakan ayam dan telur sangatlah membantu perekonomian Indonesia. Khusus ayam, Indonesia sudah mampu swasembada bahkan eskpor keberbagai negara tetangga”. Lalu, sambutan dari Wakil Menteri Pertanian mengatakan, “Konsumsi daging ayam di Indonesia barulah 1ekor ayam/kapita/3 bulan dan 87 butir telur/kapita/tahun. Tentu dengan adanya FAT ini akan berdampak positif terhadap pentingnya mengkonsumsi ayam dan telur setiap hari”. FAT 2012 dibuka secara simbolik oleh para wakil menteri dengan menerbangkan balon dan makan ayam dan telur bersama masyarakat.

Acara inti dari FAT 2012 ini adalah pemecahan rekor MURI di bidang kuliner. Sebanyak 250 masakan berbahan ayam dihidangkan disebuah meja yang memanjang dengan hiasan yang menarik. Turut hadir Duta Ayam dan Telur Nasional, Fernando Surya dan Ayu Pratiwi yang merupakan pemenang dari L-Men of The Year dan Putri Indonesia. Selain itu, tokoh wisata kuliner Bapak Bondan Winarno pun ikut hadir dalam acara FAT ini. Pak Bondan menyampaikan, “ Kuliner Indonesia ini haruslah dilestarikan dan beranilah untuk mengembangkan kuliner nasional ke kancah internasional”. Seluruh masakan yang dihidangkan berasal dari beberapa kelompok masyarakat setempat dengan kategori masakan nusantara. Pemecahan rekor MURI ini pun diliput oleh berbagai media nasional.

Kegiatan lomba menggambar dan mewarnai diikuti oleh siswa-siswi TK, SD, dan SMP dengan total peserta mencapai 300 orang. Ayam dan telur meruapakan tema dari perlombaan tersebut. Dalam berjalannya perlombaan, disampaikan pula kepada para orang tua tentang pentingnya mengkonsumsi ayam dan telur untuk meningkatkan kecerdasan putra-putrinya. Selain perlombaan menggambar dan mewarnai, diadakan lomba mengupas telur dan sosis. Antusias peserta sangatlah besar yang dilihat dari keceriaan wajah para peserta. Kesenangan para peserta lomba kembali terlihat ketika para panitia memberikan sebuah komik dengan judul “Raga, Sundulan Dewa Bola”. Komik tersebut telah di-launching bersamaan dengan pembukaan FAT 2012 oleh para wakil menteri. Komik tersebut menceritakan seorang anak yang berhasil menjadi pemain sepak bola yang hebat dengan latihan yang teratur dan tidak lupa mengkonsumsi daging ayam dan telur setiap hari.

Protein hewani sangatlah penting dalam meningkatkan kecerdasan, hal tersebut disebabkan protein hewani khususnya ayam dan telur mengandung asam amino yang mampu membangun stimulus pengembangan otak. Kebutuhan gizi dalam tubuh haruslah seimbang antara protein nabati dan hewani. Ayam dan telur adalah penyumbang protein hewani yang besar bagi tubuh, selain harganya terjangkau, ayam dan telur sangat mudah didapatkan. Acara Festival Ayam dan Telur adalah sebuah kegiatan kampanye dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat dengan mengkonsumsi ayam dan telur.

Oleh : Hafidz Ilman Albana
Mahasiswa Jurusan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan
Institut Pertanian Bogor.



Lihat Semua Berita >>