Fapet Golden Week (FGW) 2012

Fapet Golden Week (FGW) 2012
Kreativitas Mahasiswa Peternakan


Mahasiswa fakultas peternakan dari beberapa universitas di Indonesia berkumpul dalam acara FGW 2012 (Fapet Golden Week 2012) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 28-30 September 2012 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara. Jadwal perkuliahan yang padat dan tugas laporan yang menumpuk terkadang membuat mahasiswa stres, dan acara ini bertujuan untuk memberikan hiburan kepada para mahasiswa dan juga memfasilitasi kompetensi mahasiswa dibeberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan yang ada pada acara FGW 2012 ini terdiri dari Expotion, Kartu I-Pet, CST, Semnas, dan Livestock Phoria.

Mahasiswa yang ikut serta dalam acara FGW terdiri dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitash Hasanudin Makasar. Seluruh mahasiswa tersebut ikut serta dalam kegiatan FGW, diantaranya pada hari pertama, 28 September 2012, Expotion yang merupakan kegiatan lomba debat, karikatur, dan orasi, Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap kondisi bangsa, khususnya dalam bidang peternakan. Kemudian kegiatan Kartu I-Pet yang memfasilitasi mahasiswa yang senang dengan penulisan ilmiah yang dilombakan mengenai bidang peternakan.

Hari kedua, 27 September 2012 merupakan hari puncak dalam acara FGW yang diselenggarakan pada malam harinya. Kegiatan pada hari kedua, sebanyak 150 mahasiswa mengikuti acara Seminar Nasional dengan tema “Swasembada Daging 2014, Akankah Terealisasi?”, yang menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten, diantaranya Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh direktur pembibitan dari Ditjenakeswan, Direktur MB-IPB, Direktur PT. Karya Anugrah Rumpin, dan Sekertaris DPD PPSKI Jawa Barat. Seminar tersebut bertujuan mengembangkan sikap kritis mahasiswa terhadap kebijakan-kebijakan pembangunan bangsa.

Malam harinya, pada kegiatan CST yang bertempat di Gedung Graha Widya Wisuda merupakan malam puncak dari serangkaian acara FGW. Penampilan pemenang dari lomba band mahasiswa peternakan dan juga SMA se-Bogor dan pengumuman pemenang lomba Kartu I-Pet dan Expotionmeramaikan acara malam puncak tersebut. Lebih dari 4000 orang menyaksikan malam puncak tersebut dan penonton semakin bertambah ketika bintang tamu pada malam puncak tersebut hadir. Gemuruh dalam gedung semakin kencang saat bintang tamu “KAHITNA” menyapa para penonton. Lebih dari 10 lagu cinta KAHITNA menghibur penonton dimalam minggu.
 
Image 
Hari ketiga, 30 September 2012 merupakan acara terakhir dari serangkaian kegiatan FGW, yaitu acara Livestock Phoria. Acara tersebut merupakan perlombaan masak yang diikuti ibu-ibu PKK, mahasiswa, dan dosen dengan bahan baku ayam dan telur. Lebih dari 25 tim ikut serta dalam lomba masak ini. Selain masak memasak, diadakan kampanye gizi didekat perlombaan masak dengan membagikan satu orang satu butir telur dan juga bazar telur dan ayam murah. Acara semakin ramai ketika bintang tamu duta ayam dan telur Indonesia datang. Bintang tamu tersebut adalah Ayu Pratiwi, Putri Indonesia tahun 2009 dan Fernando Surya, Juara 1 L-Men of The Year. Didampingi MC, duta ayam dan telur Indonesia berkeliling menyapa dan berkunjung kebeberapa peserta lomba masak dan stand sponsor. Selain itu, duta ayam dan telur Indonesia berkampanye tentang pentingya mengkonsumsi ayam dan telur karena mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mereka berpesan untuk selalu menjaga kondisi makanannya agar tubuh tidak kekurangan protein hewani, terutama mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga yang menjadi pengatur kebutuhan makanan keluarga.

Acara Livestock Phoria dan FGW ditutup dengan kegiatan kreasi festival kuliner nusantara dan makan bersama. Produk peternakan merupakan komoditi utama yang dibutuhkan manusia dalam menjaga kondisi tubuhnya, khusus pada produk daging, susu, dan telur. Pola makan yang terjaga dan kebutuhan protein hewani yang tercukupi akan menjaga kondisi tubuh pada keadaan yang prima dan sehat. Mengkonsumsi protein hewani akan mencerdaskan bangsa.

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Departemen Pertanian, Kokita, Pronas, MT Farm, Kopnakci, D’Farm, Romindo, Bumbu Wangi, Telkomsel, Indocafe, Medion, Botani Square, dan media partner Trobos, Infovet, dan Media Indonesia, yang telah mendukung suksesnya acara FGW 2012.

Oleh : Hafidz Ilman Albana*
* Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor
Stering Committee Fapet Golden Week 2012


Lihat Semua Berita >>

Pemira Dekan Fakultas Peternakan IPB 2020-2025

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB